Apa Sih Yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Kita Mati + Ilustrasi

Apa Sih Yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Kita Mati + Ilustrasi


Apa Sih Yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Kita Mati + Ilustrasi

Beberapa saat yang lalu kita banyak mendengar bahwa banyak orang terkenal atau Public Figure meninggal dunia dan memang kenyataannya meninggal adalah suatu fenomena yang pasti dialami setiap manusia hidup di dunia, namun apakah agan pernah bertanya-tanya “Apa sih yang Sebenarnya Terjadi Setelah Kita Mati” ?

Lets Check It Out !

Dalam Beberapa detik setelah kita mati oksigen yang berada di dalam tubuh kita perlahan akan menghilang dan aktivitas otak akan menurun dengan drastis. Saat NEURON berhenti berfungsi, otak kita juga berhenti mengeluarkan hormon dan beberapa menit terakhir ini, tubuh menggunakan energi terakhirnya yang menyebabkan otot akan melemas, tubuh mengeluarkan kotoran berupa urin dan feses.

Ilustrasi :

 

Setelah 15 hingga 20 Menit setelah kita meninggal, menurunnya peredaran darah menyebabkan tubuh akan terlihat pucat. Selain itu karena jantung kita berhenti bekerja maka gravitasi akan menyebabkan darah berkumpul di area tubuh yang paling rendah.

Ilustrasi :

 

Setelah beberapa jam, darah akan berubah warna menjadi merah keunguan, yang juga menyebabkan perubahan warna kulit yang akan sangat terlihat setelah 12 jam. PENTING! inilah yang membantu tim forensik menentukan posisi kematian mayat dan menentukan waktu kematian mayat!

Ilustrasi :

 

Setelah 3 hingga 6 jam, mayat akan menjadi kaku atau bahasa sulitnya adalah RIGOR MORTIS. Hal ini disebabkan karena saat kita mati, tubuh kita akan kehilangan energi, kerusakan sel akan menyebabkan kalsium keluar menuju sel pada otot dan berinteraksi dengan protein yang bertugas untuk kontraksi otot. Hal ini menyebabkan tubuh kita akan mempertahankan posisinya selama 24 hingga 48 jam.

Ilustrasi :

 

Hingga tahap ini, selama tubuh kita tidak diberi pengawet, tubuh kita akan membusuk seiring dengan matinya sel. Tanpa adanya aliran darah, Sel akan terisi dengan gas CO2 yang menyebabkan kandungan PH akan naik yang mempercepat terjadinya pembusukan.

Ilustrasi :

 

Selain itu terdapat 100 TRILIUN Mikroorganisme yang membantu proses pembusukan. Bakteri aneoropik yang ada di dalam sistem pencernaan akan mulai memakan organ dalam kita.

Ilustrasi :

 

Setelah seminggu, Larva sudah memakan 60% dari bagian tubuh kita dan pada 20 hingga 50 hari, ASAM BUTIRAT akan keluar. Yang dimana akan mengundang larva, protozoa dan jamur. Proses ini sering disebut proses pengeringan yang bisa memakan waktu sangat lama dan dapat dipercepat pada suhu tinggi.

Ilustrasi :

 

Setelah bertahun-tahun, tumbuhan dan hewan akan memakan sisa bagian tubuh kita termasuk kerangka kita. Akhirnya tubuh kita di daur ulang secara alami oleh alam.

Ilustrasi :

 

Gimana readers ? Udah ngerti kan apa yang terjadi dengan tubuh kita setelah kematian ? Jangan lupa di share ya informasi nya 🙂 ^_^